Microsoft Word merupakan program pengolah kata yang cukup lengkap dan lebih
otomatis. bahkan perintah dan fungsi yang disediakan oleh software ini menunjang
berbagai keperluan mulai dari pengetikan atau penyusunan naskah biasa, laporan, surat
kabar sampai dengan fax. Pada Bab ini kita akan berkenalan dengan menu Home.
Pada menu ini terdapat kelompok toolbar
• Clipboard
• Font
• Paragraph
• Styles
• Editing
A. Cara memulai aplikasi Microsoft Word
Langkah-langkah :
1. Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.
2. Setelah muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan
Pilih
3. Microsoft Office Word 2007.
4. Muncul Gambar berikut
- Judul Windows
Baris Judul Menampilkan nama file dan aplikasi Microsoft Word, nama file sebelum
dirubah adalah Document1, Document2 dan seterusnyaDi pojok kanan sebelahnya window terdapat button minimize, maximize
dan menutup aplikasi word
- Office Button
- Digunakan untuk:
- Membuat file baru
- Membuka file
- Menyimpan file
- Mencetak
- Keluar dari word
- Toolbar
Sebagai contoh kalo kita klik menu Home, akan muncul toolbar berikut
Disebelah kanan office button terdapat button yang digunakan
untuk menyimpan, Undo, Redo dan Customize Quick Access Toolbar
- Customize Quick Access Toolbar
sebagai contoh jika kita klik button open dan new document, akan muncul button tersebut
pada taskbar sebagai tips, tampilkan button yang sering anda gunakan untuk
mempercepat pengerjaan.
Setelah mengenal dasar-dasar layar Word, teks dapat langsung dimasukkan. Ada
beberapa
hal yang perlu diketahui:
- Tab digunakan untuk mengidentasi pada baris pertama
- Word secara otomatis akan memulai baris baru sewaktu teks mencapai tepi kanan halaman.
- Apabila terjadi kesalahan mengetik tekan Backspace untuk menghapusnya.
- Tekan enter untuk menambah baris kosong.
- Titik Sisip (kursor) Digunakan untuk memulai memasukkan teks.
- Penunjuk Mouse bergerak dilayar sewaktu mouse digerakkan. Penunjuk ini tampak dalam bentuk huruf I atau panah.
- Menggunakan Keyboard
- Untuk menyimpan dokumen klik office button kemudian pilih Save atau klik button pada Toolbar. Akan muncul gambar berikut:
Pilihlah lokasi file (directory) pada bagian Save in:, ketiklah nama file pada bagian File
name, kemudian tekan tombol Save. Sebagai latihan berilah nama pada file yang sudah
diketik dengan nama Lat1.doc
Menutup Dokumen
Bila sudah selesai mengerjakan suatu dokumen dan sudah selesai menyimpannya,
mungkin perlu menutup dokumen dan setelah itu mengerjakan dokumen lain. Klik office
button dan pilih Close.
Membuka Dokumen
Untuk membuka dokumen klik office button dan pilih Open, Word akan menampilkan
dialog box berikut:
Carilah directory dan Folder Yang menampung file yang akan dibuka pada bagian Look
in lalu klik file yang akan dibuka kemudian tekan button Open maka file anda akan
ditampilkan dilayar Word. Sebagai latihan, bukalah kembali file Lat1.doc yang sudah
dibuat tadi.
A. Memulai Pembuatan Naskah
- Aktifkan lembar kerja Microsoft Word
- Aturlah Margin lembar kerja
- Ketiklah naskah yang diinginkan
- Klik Page Layout
b. Pilih bentuk margin yang diinginkan
c. Jika tidak ada ukuran yang cocok, klik di Custom
Margin dan tentukan:
- Top : Jarak antara sisi atas kertas dengan teks/naskah.
- Bottom : Jarak antara sisi bawah kertas dengan teks/naskah.
- Left : Jarak antara sisi kiri kertas dengan sisi kiri naskah.
- Right : Jarak antara sisi kanan kertas dengan sisi kanan naskah.
- Gutter : Jarak spasi tambahan pada margin kiri yang ditujukan sebagai tempat penjilidan.
- Gutter Position : Letak gutter.
- Orientation : Pengaturan arah cetakan halaman dengan Portrait (memanjang) dan Landscape (melebar).
- Preview : Tampilan layar Word
Tata Cara Penulisan
Untuk pengetikan huruf besar di awal kata atau kalimat, tekanlah tombol Shift
bersamaan dengan tombol huruf awal kata (jika Caps Lock tidak hidup)
Untuk pengetikan naskah dalam huruf besar semua, tekan tombol Caps Lock.
Untuk menghapus kata atau kalimat sebelah kiri tekan tombol Backspace.
Untuk menghapus kata atau kalimat sebelah kanan tekan tombol Delete.
Untuk menurunkan kursor ke baris berikutnya tekan tombol Enter. Untuk masuk ke paragraph baru tekan tombol Tab.
Untuk memberikan spasi pada suatu kata atau kalimat tekan tombol Spacing.
Untuk menuju ke awal kalimat teks tekan tombol Home.
Untuk menuju ke akhir kalimat teks tekan tombol End.
Untuk mengaktifkan tombol angka keyboard sebelah kanan tekan tombol Num Lock.
Untuk meratakan teks, pilih salah satu bentuk perataan yang diinginkan:
Align Left (Ctrl + L) : Perataan teks sebelah kiri.
Center (Ctrl + E) : Perataan teks di tengah.
Align Right (Ctrl + R) : Perataan teks sebelah kanan.
Justify (Ctrl + J) : Perataan teks sebelah kiri dan kanan
Align Left (Ctrl + L) : Perataan teks sebelah kiri.
Center (Ctrl + E) : Perataan teks di tengah.
Align Right (Ctrl + R) : Perataan teks sebelah kanan.
Justify (Ctrl + J) : Perataan teks sebelah kiri dan kanan
Memformat Karakter Huruf Pada Naskah
- Dari menu Format – Font
- Font : Pengaturan huruf.
- Font : Memilih jenis huruf. Contoh : Arial, Tahoma, dll.
- Font Style : Bold (Memilih ketebalan huruf), Italic (Memiringkan huruf),Underline (Memilih garis bawah pada huruf).
- Size : Memilih ukuran huruf.
- Font Color : Memilih warna huruf.
- Underline Style : Memilih bentuk dan ketebalan garis bawah huruf.
- Underline Color : Warna garis bawah huruf.
- Effects : Menentukan efek cetak huruf.
Font : Memilih jenis huruf (Ctrl + Shift + F).
Font Size : Memilih ukuran huruf (Ctrl + Shift + P).
Bold : Huruf cetak tebal (Ctrl + B).
Italic : Huruf cetak miring (Ctrl + I).
Underline : Menggaris bawahi huruf (Ctrl + U).
A. Membuat Block Pada Teks
- Menggunakan Keyboard, tempatkan kursor pada awal kata / kalimat yang akan diblock
- Tekan tombol Shift sambil menekan tanda panah ( ) ke awal kata / kalimat.
Klik kiri tanpa dilepas (drag ) pada awal kata / kalimat yang akan diblock
Seret penunjuk mouse hingga ke akhir kata / kalimat yang akan diblock
Lepas klik mouse tersebut
Untuk menghilangkan tanda block di teks klik di sembarang tempat dalam jendela
dokumen.
Block kata / kalimat yang akan di-copy
Klik icon atau dengan tombol Ctrl + C
Letakkan kursor pada tempat yang akan diletakkan hasil copy-an
Klik icon atau dengan tombol Ctrl + V
C. Memindahkan Kata / Kalimat
Block kata / kalimat yang akan dipindahkan
Klik klik icon atau dengan tombol Ctrl + X
Letakkan kursor pada tempat yang ingin dipindahkan.
Klik icon atau dengan tombol Ctrl + V
Apabila dalam pengetikan tidak sengaja melakukan kesalahan, baik dalam pengeditan,
pemformatan dan lain sebagainya maka gunakan:
Undo (Ctrl + Z) : Membatalkan pengeditan.
Redo (Ctrl + Y) : Membatalkan pembatalan pengeditan
Change Case
Blok kalimat / kata yang ingin dirubah format hurufnya.
Klik menu Home – Change Case
o Sentence case : Mengubah kalimat pada teks dengan diawali huruf besar.
o lowercase : Mengubah kata atau kalimat dengan huruf kecil.
o UPPERCASE : Mengubah kata atau kalimat dengan huruf besar.
o Title Case : Mengubah setiap awal kata dengan huruf besar.
o tONGLE cASE : Mengubah setiap awal kata dengan huruf kecil
Mengatur Paragraf dan Spasi
Klik icon Paragraph
Klik Indent and Spacing
Pada Spacing tentukan berapa spasi yang diinginkan
Klik Ok.
Atau dengan cara lain :
Blok kalimat yang ingin diatur paragrafnya
Tekan tombol kombinasi:
o Untuk 1 spasi tekan Ctrl + 1 (Single)
o Untuk 1½ spasi tekan Ctrl + 5 (1,5 lines)
o Untuk 2 spasi tekan Ctrl + 2 (Double)
B. Bullets and Numbering
Bullets
Blok atau tandai bagian naskah yang ingin dibuat Bullets.
Klik tab Home klik icon
Untuk memilih jenis bullet klik tanda panak ke bawah, klik bullet yang anda
harapkan.
Selain itu juga bisa memilih alternatif Bulleted yang lain dengan mengklik Define
New Bullet.
Klik Character, lalu pilih jenis Bulleted yang Anda inginkan.
Klik OK
Numbered
Blok atau tandai bagian naskah yang ingin dibuat numbered.
Klik tab Home klik icon
Untuk memilih jenis bullet klik tanda panak ke bawah, klik bullet yang anda harapkan.
Selain itu juga bisa memilih alternatif Bulleted yang lain dengan mengklik Define New
Bullet.
Klik Character, lalu pilih jenis Bulleted yang Anda inginkan.
Klik OK
0 komentar:
Posting Komentar